Posted By admin Posted On

Gorontalo Utara Ingin Sandiags Hadir, Festival Saronde yang Bisa Jadi Referensi

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara meyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan menghadiri Festival Saronde yang akan digelar pada 9-19 Juni 2022.

Pelaksanaan Festival Saronde tahun ini akan kami maksimalkan untuk mempromosikan pariwisata sebagai destinasi nusantara dan dunia,” kata Pj Bupati Gorontalo Utara Tariq Modanggu, seperti dikutip Antara.

Festival yang berlangsung di Pulau Saronde ini sebenarnya sudah berlangsung selama 14 tahun. Seperti dilansir indonesia.travel, festival ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kekayaan alam dan budaya Kabupaten Gorontalo Utara.

Pulau-pulau dengan air keras yang jernih, pasir putih, biota keras dan budaya lokal tersaji di lokasi yang juga dikenal sebagai tanah serambi Madinah.

Tahun lalu Festival Saronde juga berlangsung pada 18 September 2021.

Bahkan tercatat sejak tahun 2015 kegiatan ini berhasil menjadi kegiatan dalam kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu, didukung menjadi salah satu dari 100 program pariwisata nasional pada tahun 2020.

Tariq juga mengatakan Lembah Goron Utara memiliki potensi wisata dari Kabupaten Atinggola hingga Kabupaten Tolinggula. mulai dari situs Ota lo Jin dan Pantai Minanga di Distrik Atinggola, Budaya Tulude di Distrik Gentuma dan Fort Orange di Distrik Tomilito.

Sedangkan di distrik Monano Anda dapat menemukan keindahan Pantai Monano, situs pertambangan Belanda di desa Hulawa, di kabupaten Sumalata Timur, keindahan Pulau Mas, Pobaya dan Kepulauan Cagar Alam Raja dan Pulau Diyonumo.

Juga air terjun Didingga di kabupaten Biau dan di ujungnya ada wahana arung jeram di desa Papualangi di kabupaten Tolinggula.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.